Senin, 23 Juni 2014

                                                        Macam-macam Pasar

Ciri-ciri
Persaingan Sempurna
Persaingan Monopolistik
Oligopoli
Monopoli
Jumlah Produsen atau penjual
Banyak penjual, setiap penjual memiliki pangsa pasar yang amat kecil
Banyak penjual tetapi arti dari tiap penjual tidak terlalu kecil
Sedikit
Hanya Satu
Tingkat diferensiasi produk
Produk persis sama (homogen)
Produk mempunyai keistimewaan tertentu, namun mungkin saling menggantikan
Beberapa di antaranya identik, beberapa lainnya terdiferensiasi
Tidak mempunyai produk pengganti
Kemampuan produsen menentukan harga
Tidak dapat menetapkan harga
Mempunyai kekuasaan untuk menentukan harga
Ada beberapa kekuasaan pengendalian
Kekuasaan untuk menentukan harga sangat besar
Metode pemasaran atau penjualan
Pertukaran di pasar, lelang
Iklan , persaingan mutu
Iklan,persaingan harga, bonus
Iklan promosi lewat humas
Keterlibatan Sektoral dalam perekonomian
Dalam sektor pertanian, komoditi-komoditi yang dipasarkan secara intenasional
Sangat umum di segala sektor perekonomian
Sangat umum di semua sektor perekonomian
Sarana dan prasarana, industri-industri yang sangat “dilindungi” karena pertimbangan khusus
Kemudahan masuk ke dalam industri
Mudah
Agak mudah
Agak sulit
Diatur oleh pemerintah
Contoh produk yang diusahakan
Padi,jagung dan berbagai produk pertanian khususnya tanaman pangan
Sabun, deterjen,pasta gigi,obat-obatan, kosmetika dan pakaian
Semen, baja, kertas, pupuk, mesin, mobil, minyak (di dunia)
Listrik, telepon,air minum, gas, dan bahan bakar minyak (di Indonesia)
Pengaruh Iklan
Tidak ada
Ada
Ada
Tidak ada
Interdependensi
Tidak ada
Tidak ada
Ada
Tidak ada

Referensi :
http://recyclearea.wordpress.com/2009/10/21/jenis-jenis-pasar-dalam-ekonomi/
http://ringkasanmanajemen.wordpress.com/tag/karakteristik-dan-jenis-pasar/
http://gabriellabcde.blogspot.com/2013/05/struktur-pasar.html?m=1


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts